Pages

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Jumat, 10 Agustus 2012

Pengorbanan Kakak Untukku





Kenalkan namaku Joni,aku tinggal di daerah pegunungan ,tepatnya hampir di puncak gunung.Aku tinggal bersama bapak ibuk dan kakak.walaupunt kami termasuk keluarga yang kurang mampu /kekurangan,tapi aku dan kakak aku tidak pernah merasakan kekurangan dalam hal kasih sayang  dan kebersamaan.sekarang aku kelas 1 SMP, dan kakak aku kelas 3SMA.Untungnya  sekolah kami  jadi satu jadi  enak bisa barengan terus.
Setiap hari ayah selalu bekerja keras demi mendapatkan uang untuk membeli benang. K arena ibuk pengen membuat sarung tangan untuk aku dan kakak. Supaya kita nggak kedinginan kalu kita berangkat sekolah. Apalagi sekarang kan lagi musim hujan. Jadi kalau di pagi hari itu udaranya dingin banget,tahu sendiri kan udara di daerah pegunungan itu seprti apa??
Hari ini hari senin,aku dan kakak harus berangkat ke sekolah pagi-pagi,karena nanti upacara. Selain itu jarak rumah kami ke sekolah cukup jauh ,ya mungkin sekitar 3Km, dan jalan yang kami ;lewatipun tidak mulus, kami harus melwati sungai yang kadang arusnya deras karena hujan, setelah melwati sungai kita harus melewati jembatan,setelah itu baru deh sampai di jalan yang mulus.
Pak buk kami berangkat ke sekolah dulu ya??? Assalammualaikum. Di tengah-tengah perjalanan Joni bilang,Kak seandainya sarung tangan yang dibuat ibuk udah jadi pasti jari-jari kita nggak akan kaku dan membiru seperti ini. Ssstt….. udah jangan nyicris aja,liatin tu jalannya. Lagian kayak baru sekali ini aja kita nggak pakek sarung tangan…! Udah sabar dikit napa mungkin besok atau lusa sarung tangan kita pasti udah jadi kok. Ya kak (jawab Joni sambil kesal sedikit) . ya udah ayo cepetan jalannya nanti kita telat lagi sampek sekolahnya. Beberapa jam kemudian, bel pulang pun berbunyi. Aku dan kakak segera pulang. Sambil berjalan kita berharap semoga sarung
tangan buatan ibuk sudah jadi. So besok kita bias makai  sarung tangan baru deh…!! Sesampai di rumah aku dan kakak langsung menuju ke kamar ibuk, untuik menanyakan apakah sarung tangan buat kami sudah jadi?????  Dan ternyata sudah jadi,wah aku seneng….. banget. Akhirya besok kita sudah bisa makai sarung tangan baru kak… dan jari-jemari kita nggak akan membiru dan kaku lagi. Ya adek ku sayang (sambil mengelus-elus kepala Joni).
Beberapa bulan kemudian ,
Sekarang sudah bulan Mei tapi masih saja seperti musim hujan…,dan dingin banget. Hari ini langit gelap sekali ,hujannya pun lumayan deras dan anginnya semilir-semilir, jadi tambah dingin dehh…! Tapi itu semua tidak mematahkan semangat aku dan kakak untuk berangkat sekolah. Karena kita sudah punya sarung tangan jadi lumayan nggak terlalu kedinginan. Ya walaupun sebenarnya aku lagi nggak enak badan. Tapi harus tetap sekolah, karena sekolah itu penting buat kami.Setelah 1 jam lebih kita berjalan akhirnya sampai juga di sekolah. Tapi sayang kita telat,karena tadi kita harus menunggu arus sungainya surut. Di sekolah aku malez banget mengikuti pelajaran, mana hawanya ngantuk gini…!! Setelah menunggu lama bel pulang, akhirnya bel pulang pun berbunyi juga. Aku langsung mengenakan sarung tangan, tapi ternyata sarung tangan aku tinggal satu. Wah gimana nih..! (Joni ketakutan,dia takut kalau nanti dia akan dimarahin  kakaknya.! Tapi dia tetap harus pulang, ntah nanti dimarahin atau tidak sama Astuti. Akhirnya Joni langsung menuju ke pintu gerbang sambil membawa payung dan menunggu kakaknya keluar dari kelas.  Setelah menunggu beberapa menit,akhirnya Astuti keluar juga). Nah itu kakak, kak.. kak.. ayo cepet kita pulang (sambil menyembunyikan tangan kanannya di belakang). Eh kamu udah keluar Jon, tumben udah keluar duluan, biasanya selalu belakangan. Emmm iya kak,tadi di kelas aku males banget,ngantuk lagi…!! Bentar-bentar dari tadi kakak perhatiin kayaknya kamu
menyembunyikan sesuatu . hayoo apa yang kamu sembunyikan dari kakak, cepet ngaku..??!! nggak kak,nggak papa kok. Terus kalau nggak
papa kenapa dari tadi kamu menyembunyikan tangan kanan kamu di belakang seperti itu???? Coba liat (Astuti  menarik tangan adiknya dan Astuti kaget) Loh Jon mana sarung tangan kamu satunya?? E …. E … ! e apa, jawab jujur…!!!  Ee anu kak sarung tangan aku hilang. Emangnya tadi kamu taruh mana,kok bisa  hilang??? Tadi ya aku taruh laci seperti biasanya kak, terus pas pulang mau aku pakek ternyata tinggal satu. Ya udahlah kak, ayo pulang nanti keburu sore…bentar (astuti  melepas sarung tangan kanannya dan langsung memasangkan ke tangan Joni). Kak ini apaan kakak aja yang pekek, aku gak papa kok,. Nggak kamu harus pakek sarung tangan itu, lagian kamu lebih membutuhkan daripada kakak,nanti kamu sakit lagi.! Udah ayo jalan. Ya kak….!! Haduh kak arus sungainya masih deras,gimana ini?? Ya udah kita tunggu disini, sampek arusnya tidak terlalu deras.. (saat duduk, Joni melihat jari kakaknya yang udah membiru,joni nggak tega melihat kakaknya sperti itu). Kak ini sarung tangan kakak aku balikin udah kamu aja yang makai,. Tapi kak, udah kamu aja. Eh arusnya udah surut tuh ayo kita pulang…!! Akhirnya sampai juga di rumah. Ya udah aku mau langsung mandi dulu ya Jon?? ya kak. ! satu jam kemudian kami berkumpul  di ruang tengah, untuk makan.( Saat makan Joni menitihkan airmatanya karena dia tidak sanggup melihat kakaknya, karena untuk menyendok makanan aja susah gara-gara tadi dia nggak pakek sarung tangannya). Kak … ya Jon, kenapa. Sini aku suapin kak. Nggak nggak usah Jon kakak bisa kok makan sendiri. Bisa gimana orang jari kakak kaku seperti itu kok. Sini aku suapin.(dalam hati  Joni berkata “kak aku nggak akan pernah melupakakn pengorbanan kakak ini, yang sudah merelakan tangan kakak,sampai nggak bisa makan. Demi aku supaya aku nggak kenapa-kenapa”, Aku janji suatu saat aku akan membalas kebaikan kakak ini L .(Ya sudah makasih ya Jon, ya kak sama-sama. (keduanya menangis sambil tersenyum satu sama lain).Lagian ini semua kan gara-gara aku, coba kalau aku tadi nggak usah makai sarung tnagn kakak, pasti kakak
nggak akan begini jadinya. Ssstt  udah jon bukan salah kamu kok. Lagian tadi yang maksa kan kakak, dan sudah menjadi kewajiban seorang kakak untuk melindungi adiknya. Tapi kak????????   Udah gak papa…!!!

          2 tahun kemudian…
(Tahun ini Joni lulus SMP, dan setelah ini dia langsung mau nyari kerjaaan. Untuk membalas kebaikan kakaknya yang sudah membiayai sekolah dia sampai lulus, menggantikan orang tuanya yang sudah meninggal satu tahun yang lalu.!!  Sebenarnya Joni di ajak Astuti untuk tinggal  bersama Astuti dan suaminya. Tapi Joni tidak mau, dia mau tinggal bersama kakaknya, kalu dia sudah memberikan sesuatu yang dia dapatkan dari hasil jerih payahnya sendiri.!!). setelah mencari-cari kerja akhirnya Joni mendapatkan pekerjan walaupun dia jadi kuli bangunan,yang penting dia bisa menghasilkan uang sendiri…..!! )
1 tahun kemudian
(hari ini Joni gajian, dan Joni langsung pulang kerumah untuk menghitung uangnya yang sudah dia kumpulkan selama satu tahun ini.!) Alhamdulillah YA ALLAH sepertinya unag ini sudah cukup untuk membelikan sesuatu untuk kak Astuti.  (Tanpa ganti baju  Joni langsung  menuju ke pasar, sesampai di pasar Joni bingung mau beli apa? Tiba-tiba matanya tertuju pada sebuah toko  emas,tidak pikir panjang Joni langsung masuk ke toko emas itu,dan dia ingin membelikan kalung untuk kakaknya. Dan Alhamdulillah harga kalung itu tidak semahal yang dia bayangkan..!!)  Alhamdulillah YA ALLAH akhirnya aku bisa memberikan sesuatu pada kak Astuti dengan jerih payah aku sendiri. (setelah dari toko Emas, Joni langsung menuju ke rumah Astuti. Sesampai di rumah Astuti, Joni memanggil-manggil Astuti).  Assalammualikum, kak…. Kak Astuti, ini Joni. (beberapa saat kemudian Astuti keluar dan membuka pintu, saat membuka pintu Astuti kaget dan   dia menangis, karena
melihat penampilan adikknya sperti itu. Kelihatan banget kalau selama ini Joni bekerja keras dan pasti kerjaanya berat). Kak .. kakak kenapa nangis.?? Gak kakak cumin nggak tega aja melihat kamu seprti ini. Ah gak kak aku nggak papa kok. Nyatanya aku sehat kan, hehehe (Joni tersenyum sambil menahan air matanya yang bentar lagi jatuh). Ooo… ya sampai lupa kakak, ayo masuk dulu Jon!! Nggak .nggak usah kak, aku disini aja. Aku cuman mau ngasih ini ama kakak, semoga kakak senang dengan hadiah ini…!! Apa ini jon? Buka aja kak!! (Astuti kaget saat melihat hadiah itu). Jon ini untuk kakak?? Bagus banget J .syukur deh kalau kakak suka J…!!  Makasih banyak ya Jon, atas hadiah kamu ini. Iya kak sama-sama. Malahan seharusnya aku yang harus ngucapin banyak-banyak terima kasih sama kakak, karena berkat kakak aku bisa sekolah sampai lulus. Malahan kalu di hitung-hitung kalung yang aku berikan ini tidak ada apa-apanya di banding pengorbanan kakak selama ini. Ya jonn… ya sudah kamu kan sudah ngasih kakak hadiah jadi sekarang kamu mau ya tinggal bersama kakak di sini, bantu-bantu kakak.  Itukan janji kamu dulu ..Sssiiaapp kak. J

-THE END-

0 komentar:

Posting Komentar